Halo, sobat Tubers

Denah Bazar

Kali ini, kami akan membahas akan PENSI dan bazar sinlui yang diadakan 2 tahun sekali. Pentas Seni dan Bazar St. Louis 1 di tahun 2019 ini memiliki tema “The Collaborative Spirit of Enterpreneurship in St. Louis 1”. PENSI dan bazar dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain pemilihan Putra-Putri Sinlui 2019, Lomba Band, Persembahan Kelas, Lomba Dance, Vocal Group Championship dan tersedia 107 stand yang ikut memeriahkan kegiatan ini. 25 stand siswa yang menyediakan suguhan homemade berupa makanan,minuman, maupun snack yang memanjakan lidah dan ramah akan dompet. 25 stand luar menjual kuliner yang memang sudah terkenal akan masakan mereka. 14 stand siswa yang mengadakan permainan yang seru dan menantang. Dan juga stand lain yang menawarkan produk mulai dari fashion sampai kursus sekolah. Acara ini dibagi menjadi 5 sesi dalam 3 hari:

  • Jumat/ 4 Oktober 2019
  • sesi I: 16:00-22:00 WIB
  • Sabtu/5 Oktober 2019
  • sesi II: 08:00-14:00 WIB
  • sesi III: 16:00-22:00 WIB
  • Minggu/6 Oktober 2019
  • sesi IV: 08:00-14:00 WIB
  • sesi V: 16:00-22:00 WIB
Stan Bazar kami dengan Koki dari Mie Sedap

Kami dari XII IA 6 membuka stan bazar yang kami beri nama “Warunk Offside”. Lokasi stan kami berada di dekat pintu belakang Sinlui. Kami mendapat stan nomer 72 (kalau penasaran akan letak stan kami, bisa dilihat melalui denah diatas). Kami mulai mempersiapkan stan kami mulai dari satu bulan sebelumya yaitu awal bulan September. Karena begitu banyak tugas, ulangan, dan kegiatan maka kami memulai mempersiapkan stan kami jauh diawal. Kegiatan bazar ini merupakan kegiatan yang kami nanti-nantikan karena uang kas kelas yang kami kumpulkan akan kami pakai sebagai modal stan dengan harapan akan menuai untung yang besar. Uangnya nanti akan dipakai oleh kelas kami untuk membiayai perpisahan kami (biasanya makan-makan di restoran tapi tergantung dari untungnya juga). Kami mendapat stan makanan dan minuman. Makanan dan minuman adalah stan yang paling laris di bazar Sinlui ini tetapi stan ini banyak juga saingan stan dari kelas lain dan dari luar yang sama-sama menyuguhkan makanan yang mantap dan minuman segar. Oleh karena itu, kami memiliki ide untuk membuat makanan yang sudah pasti lezat di lidah orang Indonesia, yaitu Mie Sedap. Kami bekerjasama dengan pihak Mie Sedap untuk stan kami. Pihak dari Mie Sedap berperan sebagai supplier dan meminjamkan kompor khusus untuk merebus mie dan koki yang ahli dalam membuat Mie Sedap. Sementara itu, kami berperan sebagai penyaji lauk dan topping dari Mie Sedap tersebut, juga sebagai penyaji minuman. Kami juga berperan dalam mendekorasi stan dan yang mencuci dan membereskan stan setelah sesi usai. Pasti sekarang kalian yang membaca ini sangat penasaran akan menu makanan yang disuguhkan di stan ini. Menu kami dibagi menjadi 3 karbohidrat yaitu nasi, Mie Sedap goreng ori, Mie Sedap Korean Spicy Chicken. Kemudian lauk dan topping juga ada 3 yaitu salted-egg chicken, beef mozzarella, dan pork chop.

Menikmati Mie Sedap Korean Spicy Chicken dengan topping Beef Mozzarella dan kerupuk

Lalu kami menyediakan minuman yang diberi cheese foam diatasnya. Minumannya pun terdiri dari teh dan susu bermacam rasa seperti coklat, matcha, red velvet, dan mocha. Kami juga mau memeriahkan acara ini dengan hadiah doorprize yaitu brand-new AirPods. Sistem undian kami adalah setiap pembeli akan mendapatkan 1 kupon undian. Jika pembeli datang pada sesi terakhir dan kebetulan beruntung maka AirPods itu menjadi miliknya. Jika tidak hadir, maka kami akan memilih ulang pemenang sampai ada seseorang yang menang. Persiapan pun berjalan dengan lancar meskipun kami sempat mengkhawatirkan defisit karena untuk membuka stan makanan memerlukan lebih banyak modal dan usaha daripada stan permainan. Tetapi karena namanya pensi dan bazar, maka pasti ada penampilan/pentas seni. Sekolah mewajibkan setiap kelas untuk mengikuti pensi ini untuk memeriahkan kegiatan ini.

 

Pada hari Kamis/ 3 Oktober, Kami mulai membawa bahan-bahan ke sekolah dan mulai mempersiapkan dekorasi yang akan kami pasang. Kami mulai menempelkan stiker logo kami ke mangkok dan gelas. Kami juga mulai memotong kupon-kupon undian untuk hadiah doorprize tadi Setelah itu, kami mulai menata alat masak seperti kompor dan meja untuk mencukupi luas stan yang ditetapkan. Kami juga mulai memasang spanduk dan ornamen-ornamen lain seperti lampu LED dan speaker beserta microphonenya. Ketika sudah rapi, kami mulai menghiasi stan kami dengan berbagai macam dekorasi. Esok Jumat pagi, kami memulai untuk menyiapkan bahan-bahan makanan dan minuman dan memastikan semua sudah lengkap dan beres. Pada jam 4 sore, bazar Sinlui resmi dibuka. Kami pun mulai menghidangkan beberapa makanan untuk anak kelas kami sendiri untuk tester (tapi tetap bayar). Pada malam pertama, kami mengalami kesulitan dan stan kami mulai kacau. Banyaknya pembeli membuat koki kewalahan dan bahan pun mulai habis lebih cepat dari yang diharapkan. Beef Mozzarela kami sempat habis dagingnya sehingga kami menutup topping tersebut. Lalu karena kurangnya komunikasi di bagian peran masing-masing anggota kelas dalam stan, beberapa siswa malah menganggur, pergi menikmati bazar sendiri, bahkan pulang lebih awal. Hal ini menyebabkan ketua pengurus stan kami mulai lelah dan bingung, dan banyak anggota kelas yang bekerja terlalu banyak dan keras. Karena itu, malam pertama tidak mencapai target yang kami ingin capai. Saya bersama teman-teman yang lain tinggal di stan ketika sesi usai untuk membereskan dan mencuci alat-alat masak yang akan dipakai lagi besoknya. Keesokan harinya, Saya dan teman-teman datang lebih awal (sekitar jam 7 pagi) untuk menyiapkan bahan-bahan dan menata alat masak dengan cepat karena sesi 2 mulai pada jam 8 pagi. Kami mulai untuk menghidangkan makanan lagi. Tetapi karena masih pagi, tidak banyak yang datang dalam bazar jadi kami lebih santai dalam menyuguhkan makanan. Menjelang siang, bazar mulai ramai tetapi tetap tidak sebanyak yang datang kemarin malam. Stan kami termasuk cukup ramai siang itu. Setelah sesi 2 berakhir, kami semua beristirahat. Menjelang jam 4 sore, kami mulai mempersiapkan dengan sematang-matangnya karena malam kedua ini adalah malam minggu yang berarti sesi paling ramai di bazar ini. Pada malam ini, kami tidak kewalahan seperti kemarin malam karena peran sudah dikomunikasikan secara teratur dan persiapan sudah dilakukan dengan matang. Kami bahkan melebihi target penjualan malam itu. Sesi 4 hampir sama seperti sesi 2 karena sama-sama sepi pengunjung. Dan sesi 5 cukup ramai karena sesi 5 adalah yang terakhir. Hadiah doorprize kami dimenangkan oleh salah seorang adik kelas kami. Kami juga bangga karena kelas kami mendapat juara di pentas seni yaitu juara 1 di kontes band dan juara 2 di kontes dance.

Band kelas XII IPA 6

Akhirnya, bazar telah usai dan kami pun membereskan semuanya. Saya sampai pulang jam 12 tengah malam karena begitu banyaknya hal yang harus dibereskan. Untungnya sekolah meliburkan hari esoknya karena mengetahui anak-didiknya yang terlalu lelah dan kesal untuk mengikuti pelajaran dengan optimal. Ternyata kerja keras kami tidak sia-sia karena kami mendapat untung yang lumayan.

sumber dari: https://smakstlouis1sby.sch.id/k-event/pentas-seni-bazar-2019/

Foto kelas seusai bazar

 

One Reply to “Pensi dan Bazar, Kegiatan yang Melatih Kreatifitas”

  1. Yoii broo, aku kapan hari kesana, liat stand warunk offside juga. Denger-denger ada CR7 ya datang disana, menampilkan aksi-aksi hebatnya dalam menggocek bola?? Kapan ada bazar lagi? kangen nih sama warunk offside. Enaknya OFFSIDE!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *